Maia Estianty Keluhkan Sakit GERD, Ternyata Idap Penyakit Batu Empedu dan Harus Operasi

Author:

Beberapa waktu lalu, Maia Estianty sempat dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit karena GERD. Dikutip dari YouTube MAIA ALELDUL TV, Senin (4/4/2022), Maia pun mengeluhkan betapa sakitnya mengalami GERD. Namun setelah empat hari menjalani perawatan, kondisinya tidak kunjung membaik.

Akhirnya ia konsultasi ke dokter penyakit dalam dan ditemukan penyebabnya karena batu empedu. "Karena aku nggak kuat banget udah empat hari akhirnya aku kontak Dokter Tjhang Supardjo, ahli pencernaan bagian dalam lah pokoknya," kata Maia. "Oleh Dokter Tjhang dikasih tahu kenapa GERD ku kambuh, ternyata karena ini (batu empedu)," sambungnya.

Saat dilakukan USG, tampak ada dua buah bulatan yang menghambat saluran empedu Maia Estianty. Menurut Dokter Tjhang, batu empedu itu lah yang menjadi penyebab Maia selama ini sakit lambung. "Dari batu empedunya bikin sakit. Karena batunya besar dia mau masuk saluran nggak bisa, nyangkut di situ, bikin sakit," jelas dokter.

Sementara itu, Maia sendiri mengaku kantung empedunya memang sudah bermasalah sejak beberapa tahun lalu. Kendati demikian Maia Estianty ragu untuk memotongnya. "Dokter tadi udah USG aku ditemukan batu empedu 2 cm, aku sebenarnya dari beberapa tahun lalu sudah bertemu Dokter Tjhang."

"Disarankan potong aja kantung empedu dan aku tuh ragu ragu, akhirnya memilih terapi makan apel yang mana dari 3 cm jadi 2 cm." "Tapi kan sekarang nyerang ke GERD, menurut dokter gimana?" tanya Maia Estianty. Dokter Tjhang kemudian menjelaskan batu empedu tidak akan hilang jika hanya makan apel.

Solusi terbaik adalah dengan operasi untuk memotong batu yang menyangkut tersebut. "Waktu itu memang kelihatan 3 cm kan ada beberapa batu mengumpul jadi satu, nah sekarang kita cek ulang ternyata ukuran batu itu 2 cm," ujar dokter. "Tapi memang tidak jumlah begitu banyak hanya dua."

"Sehingga bolak balik berobat GERD nggak akan sembuh, jadi batu empedu ini harus dibereskan dulu," paparnya. Mengetahui hal itu, Maia pun menimbang nimbang keputusannya harus operasi atau ada alternatif lain. "Jadi gimana guys operasi nggak nih? Kalau kata dokter suruh potong," ucap Maia Estianty.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.