Tiba di Jakarta, Menlu Amerika Serikat Blinken Akan Bertemu Presiden Jokowi Sore Ini

Author:

– Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony J Blinken telah tiba di Jakarta dan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka hari ini pukul 16.30 WIB. Kementerian Luar Negeri RI mengungkapkan sesuai jadwal, Blinken juga akan melakukan pertemuan dengan Menlu RI Retno Marsudi besok, Selasa (14/12/2021) pukul 11.00 WIB di kantor Kemlu, Jakarta. Sebelumnya, Kantor Juru Bicara AS pada hari Minggu (12/12/2021) dalam siaran persnya mengatakan Blinken akan kembali menegaskan Kemitraan Strategis AS Indonesia yang kuat, serta arti penting kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Kunjungan Menlu Blinken ke Jakarta merupakan tindak lanjut dari Dialog Strategis AS Indonesia pertama yang diadakan di Washington pada Agustus 2021, pertemuan antara Presiden Joseph R. Biden dan Presiden Jokowi di Glasgow pada November, serta partisipasi Presiden Jokowi dalam Summit Democracy pada bulan Desember,” tulis pernyataan itu. Dalam salah satu poinnya, Kantor Jubir AS juga mengatakan bahwa AS akan mendukung upaya kuat Indonesia untuk melindungi hak hak maritim RI. Termasuk dalam mempertahankan diri menghadapi agresi Republik Rakyat China (RRC) di Laut China Selatan, utamanya di zona ekonomi eksklusifnya di sekitar Kepulauan Natuna.

“Kerja sama keamanan merupakan pilar utama kemitraan strategis kita. Amerika Serikat bangga menjadi mitra pertahanan terbesar Indonesia dari segi jumlah latihan dan acara tahunan yang kita ikuti bersama. Kerja sama kita dalam antiterorisme dan melawan ekstremisme kekerasan juga merupakan komponen penting dalam upaya bersama kita membangun dunia yang lebih aman,” tulisnya. Blinken juga akan mendiskusikan respons terhadap tantangan tantangan COVID 19 dan krisis iklim bersama Presiden Jokowi dan pejabat Indonesia lainnya. Termasuk langkah langkah untuk memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, serta memperluas kerja sama dalam bidang bidang seperti kerja sama maritim, kesehatan global, dan ekonomi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.