Netflix Diblokir di China, tapi Squid Game Tetap Populer, Toko Permen Gula Ramai Pengunjung

Author:

Meski Netflix tidak tersedia di China, tapi serial Korea Selatan "Squid Game" tetap populer di negara tersebut. "Squid Game" telah menjadi serial terlaris di Netflix dengan lebih dari 111 juta penonton per 13 Oktober 2021. Tetapi drama itu nampaknya tak akan lolos penyensoran di China karena menampilkan kekerasan, melaporkan.

Meski begitu, di Shanghai, euforia terlihat dari banyaknya pengunjung di sebuah kedai bertema Squid Game. Selasa (13/10/2021), antrian kerumunan terlihat di toko yang menjual dalgona, permen gula yang ditampilkan dalam salah satu episode di Squid Game. Banyak pula pengunjung yang berkumpul di beberapa spot foto bertema Squid Game.

"Orang orang mengirim meme terkait serial itu di obrolan grup ketika saya mulai menonton," kata seorang pelanggan bermarga Li kepada AFP . Setelah membeli permen dalgona, Li dan temannya merekam usaha mereka untuk memotong bentuk dari perman tanpa menghancurkannya, seperti dalam serial. Serial Squid Game berkisah tentang bagaimana sekelompok orang, dengan masalah keuangan yang pelik, menyelesaikan tantangan permainan mematikan untuk mendapatkan hadiah uang dalam jumlah yang besar.

Seiring popularitas Squid Game yang melejit di seluruh dunia, China tak mau ketinggalan. Beberapa produsen mengejar permintaan pelanggan dengan membuat berbagai produk atau merch, seperti seragam pink bertopeng hitam yang dipakai oleh para penjaga. Kostum dan pernak pernik lainnya bertebaran di situs belanja online Taobao.

Pemilik toko Peng Xiuyang mengatakan kepada AFP bahwa penjualannya melonjak sekitar 30 persen berkat permintaan merchandise Squid Game. Ia sebelumnya belum pernah mendengar tentang serial itu. Ia baru tahu saat seorang pelanggan bertanya apakah dia menjual topeng wajah hitam polos yang digambar dengan pola kotak, segitiga atau lingkaran.

Tapi sekarang vendor seperti Peng Xiuyang dan produsen plastik di pusat timur Yiwu semuanya bergegas untuk memenuhi permintaan baik dari pembeli domestik maupun internasional. "Pelanggan kami adalah mereka yang telah melihat serial itu dan ingin mengikuti tren," tambahnya. Menjelang Halloween, topeng penjaga telah menjadi produk yang paling dicari.

Masih dilansir AFP , tidak adanya akses resmi tidak menghentikan penonton China untuk menemukan cara untuk menikmati Squid Game. Mereka menemukan berbagai cara termasuk menyaksikan melalui situs streaming tidak resmi atau berbagi file yang dapat diakses dengan mudah dengan VPN. Masalah pembajakan begitu meluas sehingga duta besar Korea Selatan untuk China, Jang Ha sung, baru baru ini mengatakan pada audit parlemen bahwa ia telah meminta pihak berwenang China untuk mengambil tindakan.

"Penilaian kami adalah bahwa Game Squid, yang mendapatkan popularitas global, didistribusikan secara ilegal di sekitar 60 situs di China," kata Jang, bersaksi secara virtual dari Beijing. Saat serial itu populer di kalangan pemuda yang melek teknologi, tagar "Squid Game" muncul hampir dua miliar kali di media sosial, dan topik terkait telah menjadi tren selama berminggu minggu. Pengguna media sosial membagikan bagaimana mereka akan melewati tantangan yang ditampilkan dalam drama, dan bertanya tanya seperti apa Squid Game jika diadakan di China.

Tetapi seorang netizen berkata: "Hal seperti itu tidak akan lolos sensor jika kami membuat drama sendiri seperti itu… jika terlalu keras, maka drama akan dihapus." Untuk saat ini, penggemar hanya ingin bersenang senang. Seorang pelanggan di Shanghai yang bermarga Yang berkata: "Saya pernah melihat permen gula itu dijual secara online, tetapi ini pertama kalinya saya menemukannya di kehidupan nyata."

Leave a Reply

Your email address will not be published.